Rabu, 25 Juni 2008

Media Radio Pendidikan

Resume Diskusi
Hari : Jumat, 10 Mei 2008
Pembicara : Sri Wahyuni
Tema : Media Radio Pendidikan/Pembelajaran

Penyiaran radio adalah media komunikasi massa dengar, yang menyalurkan gagasan dan informasi dalam bentuk suara secara umum dan terbuka, berupa program yang teratur dan berkesinambungan. Menurut (UU No 32/2002 tentang Penyiaran).
Implementasi radio pendidikan di Indonesia masih kurang, masih banyak radio yang hanya memuat pendidikan dengan porsi yang relatif minim. Kalaupun ada radio yang sifatnya edukatif (radio edukasi) itupun masih mengalami kendala dalam pelaksanaannya. Misalnya saja di kota Jogja yang notabene adalah kota pelajar, tetapi untuk mendirikan radio edukasi mengalami kesulitan dalam hal perijinan karena salah satu faktornya di kota Jogja sudah ada TVRI dan RRI sehingga tidak boleh mendirikan radio publik. Radio ini boleh berdiri tetapi menjadi radio komunitas.
Radio dapat dinikmati oleh semua lapisan tanpa membedakan derajat. Banyak materi pelajaran yang dapat dikemas dalam bentuk audio agar mempermudahkan proses belajar mengajar. Dengan adanya radio pendidikan di tiap-tiap daerah sebenarnya akan memberikan kontribusi yang besar dalam pendidikan, karena program-program yang disajikan selalu memuat unsur pendidikan bukan hanya untuk meraih keuntungan semata.

Erna Yulikah (error_cluck@yahoo.co.id)

Tidak ada komentar: